FOTO AIRLANGGA

Airlangga TV

Senin, 26 Desember 2011

AIRLANGGA MINTA MENKEU REVISI PMK KAWASAN BERIKAT

  Jakarta, 26/12 (ANTARA) - Ketua Komisi VI DPR RI Airlangga Hartarto meminta Menteri Keuangan Agus Martowardodjo segera merevisi Peraturan Menteri Keuangan No 147 tahun 2011 tentang Kawasan Berikat karena dinilai merugikan industri kecil.
    "Aturan dalam PMK No 147 tahun 2011 tersebut memberatkan industri kecil terutama kewajiban berada di kawasan industri," kata Airlangga Hartarto melalui surat elektronik (email), Senin.
 
   Aturan lainnya dalam PMK No 147 tahun 201 tersebut yang memberatkan industri adalah larangan menggunakan "outsourcing linkage" antara industri kecil dengan industri di kawasan industri serta pembatasan minimal volume ekspor .
     Aturan tersebut, kata dia, memberatkan industri kecil yang modal dan sumber dayanya terbatas.
       "Persyaratan pada aturan tersebut perlu direvisi dan diturunkan, agar industri kecil tetap dapat berusaha secara sehat dan mampu bersaing dengan produk sejenis dari China," katanya.
         Menurut dia, dampak dari diterbitkannya PMK No 147 tahun 2011  memberatkan industri kecil di antaranya adalah industri garmen dan alas kaki.
         Industri kecil yang asetnya terbatas, kata dia, tidak mampun s pindah ke kawasan industri karena akan menimbulkan ekonomi biaya tinggi yang memberatkan.
         "Hal ini membuat industri kecil tidak mampu bersaing baik di pasar lokal maupun pasar ekspor," katanya.
         Airlangga menambahkan, Komisi VI DPR RI akan mengundang Menteri Keuangan untuk menjelaskan perihal PMK No 147 tahun 2011 pada rapat kerja di DPR RI pada masa persidangan berikutnya.
         Politisi Partai Golkar ini memperkirakan, Menteri Keuangan menerbitkan PMK No 147 tahun 2011 tanpa koordinasi mendalam dengan menteri terkait seperti Menteri Perindustrian, Menteri Perdagangan, serta Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM). 
    "PMK No 147 tahun 2011 juga terkait dengan perusahaan yang akan melakukan investasi di kawasan berikat maupun di luar kawasan berikat," katanya.***5***

(T.R024/B/N002/N002) 26-12-2011 14:50:52
Sent from my BlackBerry® smartphone from Sinyal Bagus XL, Nyambung Teruuusss...!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar